4 Manfaat Sinar Matahari Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Memberi Penerangan Pada Bumi
    Ada banyak manfaat sinar matahari yang dapat kita peroleh di kehidupan sehari-hari, salah satunya dan yang paling jelas adalah matahari sebagai penerangan. Bayangkan jika matahari tidak ada, maka bumi akan gelap dan bahkan bisa jadi tidak ada kehidupan di bumi ini.
  2. Menghasilkan Energi Listrik
    Sinar matahari juiga bisa dimanfaatkan sebagai energi listrik untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Dengan teknologi photovoltaic yang ada pada panel surya dan beberapa komponen tambahan, kita bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik untuk digunakan pada alat-alat elektronik di rumah. Dengan menggunakan panel surya kita juga ikut berkontribusi melindungi bumi dari ancaman “Global Warming”, karena sinar matahari masuk ke dalam salah satu energi terbarukan yang dalam pengoperasiannya ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan polusi.
  3. Membantu Proses Fotosintesis Tumbuhan
    Udara yang bersih adalah udara yang bebas dari polusi baik dalam bentuk padat, cair, atau gas seperti debu dan karbon (KBBI). Semakin banyak oksigen maka akan semakin sejuk dan segar tempat tersebut, seperti di hutan yang banyak ditumbuhi oleh berbagai macam vegetasi. Vegetasi dapat menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.
    Salah satu faktor penting dalam proses fotosintesis adalah cahaya matahari.
  4. Sumber Vitamin D
    Vitamin D dibutuhkan oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Bagaimana kita bisa mendapatkan vitamin D?
    Dengan mengkonsumsi makanan dan berjemur adalah cara alami agar kita mendapatkan vitamin D. Ketika berjemur, sinar matahari akan masuk ke dalam kulit dan tubuh akan membuat vitamin D. Berjemur di bawah sinar matahari juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan ragu bertanya! Segera hubungi kami