Apa yang terjadi pada panel surya setelah 25 tahun?

Mungkin kita semua berpikir panel surya yang sudah berusia 25 tahun tidak akan digunakan lagi dan hanya akan menjadi tumpukan sampah elektronik biasa. Namun faktanya tidak seperti yang kita bayangkan.

Panel surya yang sudah tidak kita gunakan atau tidak berfungsi lagi dapat diolah kembali agar dapat menjadi panel surya yang baru. Di Australia dan Eropa sudah ada beberapa perusahaan yang mampu mengolah panel surya yang sudah tidak digunakan atau rusak menjadi panel surya baru.

Sehingga panel surya yang didaur ulang kembali dapat memproduksi listrik seperti panel surya yang baru. Proses ini dikenal dengan istilah “ReclaimPV”.

Selain didaur ulang menjadi panel surya lagi, solar PV yang sudah tidak berfungsi juga bisa dialihfungsikan menjadi perkakas dengan fungsi lain seperti meja atau furnitur lain.

Nah selain menghasilkan listrik, ternyata panel surya ini sesuai sekali dengan karakternya yaitu ramah lingkungan. Artinya komponen panel surya itu sendiri bersifat recycle atau dapat didaur ulang dan ini adalah salah satu benda yang ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan ragu bertanya! Segera hubungi kami